//
you're reading...
Renungan

Jembatan Sirotol Mustakim

Banyak yang tidak mengetahui dimana letaknya jembatan Sirotol Mustakim, sesungguhnya jika kita mau merenungkan hal tersebut, maka insyaallah kita bisa menemukan jembatan itu. Al-Qur’an mengatakan adanya jembatan itu tiada lain agar supaya kita bisa berhati-hati dalam menjalankan kehidupan. Pada saat kita masih berada di alam kandungan, kita telah mempunyai lembaran takdir yang siap diterbitkan. Sehingga apapun yang akan kita kerjakan setelah terlahir nanti, tidak bisa lepas dari garis kehidupan yang telah ditentukan.

Artian tersebut bukanlah berarti Allah telah menentukan kamu di alam dunia nanti menjadi kaya atau miskin, pintar atau bodoh dan lainnya. Maksud dari penentuan takdir disini adalah, Allah telah menentukan Hasil atau akibat dari apa yang kita lakukan atau yang kita putuskan dalam setiap keputusan yang kita ambil. Jadi jika digambarkan kedalam ilusinasi, ketika kita terlahir ke dunia ini, setiap detik adalah sebuah keputusan Baik atau Buruk. Jika kita mengambil keputusan A, maka yang terjadi pada kita adalah A”, namun jika kita mengambil keputusan B, maka yang terjadi pada kita adalah B”. Dan hal itu terus berlangsung selama kita masih hidup, setiap detik kita merubah keputusan,maka setiap detik itu juga takdir kita berubah. Yang ditetapkan oleh Allah adalah jika kita mengambil keputusan Baiknya lebih banyak daripada Buruk, maka kita akan masuk syurga dan sebaliknya.

Lalu dimanakah maksud dari tipisnya bagaikan rambut dibelah tujuh….???? maksud disini adalah jika kita sedang berjalan kemudian menemukan gelang emas 24 karat sebanyak 1 karung, apa yang kita lakukan?…..keputusan inilah siloka dari tipisnya bagaikan rambut dibelah tujuh. Disnilah iman kita bekerja, sebelum iman bekerja maka ada rasa yang bekerja, sebelum rasa bekerja maka ada sir yang cikal bakal kita membuat sebuah keputusan. Jika dirasa iman kita lemah, maka kuatkanlah dengan dzikir.

Wallahualam bisawab

alamkarawang.wordpress.com/2011/02/15/jembatan-sirotol-mustakim/

About these ads

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: