//
you're reading...
Hikmah

AR-ROKHMAN AR-ROKHIM

AR-ROKHMAN AR-ROKHIM

Allah mendahului Alquran ketika mensifati namanya Ar-rokhman Ar-rokhim Allah ingin menunjukkan kepada makhluk-Nya ketika menentukan perintah maupun larangan itu semua hanya berkaitan dengan rahmat Allah, Allah menciptakan pertama kali makhluk adalah nur muhammad itupun simborahmat Allah dan Allah menurunkan Alquran juga sebagai pertanda rahmat Allah, sebelumnya juga terdapat kalimah yang sama dalam “Bismillah” setiap terjadi pengulangan dalam alquran itu berarti ada makna lain bukan sama dan bukan tidak indah lagi dan merusak tata bahasa di alquran tapi malahan menjadikan Alquran lebih indah.

Dan Allah memerintahkan manusia yang beriman harus mengawali semua perkara dengan menyebut nama Allah supaya pekerjaannya itu langgeng karna menggandeng nama Dzat yang langgeng, ar-rokhman dan ar-rokhim bahwa dzat Allah yang mengatur alam ini bukan dengan kekerasan dan kekejaman tapi pengaturan itu harus dengan ar-rohman dan ar-rokhim yaout penuh rahmat bukan dengan nama Allah yang berarti keras misalnya al-Qhohar, seluruh bimbingan-Nya hanya dalam ar-rohman dan ar-rokhim.

Semua perbuatan itu didasarkan hanya pada 2 hal dan itu selalu yaitu ingin mendapat manfaat atau hanya menyelamatkan dari madzorot dan ini mesti ada yang ia tuju, tapi Allah membimbing alam ini murni tidak ada yang lain hanya Allah ingin hamba-Nya memperoleh kesuksesan.

Ar-rokhman dan Ar-rokhim Ini bukan hanya ulangan saja tapi memiliki arti yang baru. Nama Allah kebanyakan hanya disebutkan sekali dalam surat al-fatikhah tapi khusus untuk nama Allah ar-rokhman dan ar-rokhim diulang-ulang supaya hamba-Nya tau kalau Allah itu dzat yang maha rohman-rokhim ini alasan pertama

Kedua Allah ingin menampakkan kepada makhluk-Nya kalau Allah sangat-sangat peduli kepada hamba-Nya, karena itu dalam Alquran ini sangat-sangat mengecam orang yang putus asa dijalan Allah karena Allah ingin menganalkan kepada hamba-Nya kalau Allah itu mempunyai sifat Maha Ar-rokman dan Ar-rokhim, keputusasaan dalam rahmat Allah itu dosanya jauh lebih besar daripada dosa itu sendiri, apabila melakukan dosa tangisi dosa kita dan ketika kita masih saja mengulangi dosa lagi tetep harus menangisi dan beristighfar kepada Allah, dan apabila masih melakukan lagi jangan sampai putusasa harus terus beristighafar sampai setan yang kalah begitulah sabda Rosul Saw.

Kalau kita berasil dalam ketawakkalan kita rosul memberi contoh kita bagai burung mengapa? Karena burung Pagi keluar dalam keadaan lapar sore pulang dalam keaadaan senang, apabila kita sadar akan rahmat Allah kita pasti malu untuk melanggar ketentuan Allah, makanya Allah sering mengingatkan misalnya dalam sholat harus membaca surat alfatikhah dan disanakanterdapat dua Asma Allah ini Ar-rokman dan Ar-rokhim.

Apabila manusia sadar darimana ia berasal ia pasti akan malu, makanya Allah mengulangi kalimah dua kali dalam surat al-fatikhah. Manusia itu hidup dari awal dari akhir selalu didalam naungan rahmat Allah, lalu jangan pernah mengeluh atas semua perintah rosul karena semua itu rahmat dari Allah baik itu ringan maupun berat untuk dilaksanakan, ketika orang mulai menepuk dadanya karena ketaqwaan kepada Allah bilang saya ini, saya saya dan saya maka semua pahalanya akan habis karena congkaknya.

Sifat rohmat diulang-ulangi supaya kita mempraktekan akhlak Allah yang ar-rohman dan ar-rokhim dan ini buka kebetulan tapi Allah sengaja mengulanginya supaya sifat ini berkesan kepada hamba-Nya, kalau ada muslim bangga ketika ia ditakuti oleh oranglain menurut rosul Saw itu adalah sejelek-jelek umatnya, yang dikatakan muslim itu ialah ya seseorang muslim yang memiliki sifat ar-rohman kepada muslim yang lain.

Pengikut rosul yang sejati adalah yang kasih sayang kepada sesama muslim dan keras terhadap yang kafir, jadilah orang yang memiliki sifat rahmat kepada yang lain.

Sumber ;
Sentuhan Qolbu Bersama Habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
www.pasfmpati.com

sumber:websitestory.co.cc/2009/09/ar-rokhman-ar-rokhim.html

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: