//
you're reading...
Dinamika

10 Kemampuan Utama Agar Sukses Dalam Hal Apa Saja

images3

Setiap manusia, tidak terkecuali saya, pasti mendambakan sebuah kesuksesan. Baik kesuksesan dalam belajar, bekerja, berumah tangga, atau dalam bidang apapun yang saat ini sedang anda geluguti. Berikut ini 10 Kemampuan Utama yang harus benar-benar dikuasai Agar Sukses dalam bidang apapun bentuknya yang penulis rangkum dari berbagai sumber.

1. Kemampuan Berbicara Depan Banyak Orang

Silahkan mengecek kemampuan anda berbicara depan orang banyak. Apakah anda berani dan mampu menyampaikan pesan dengan baik di hadapan banyak orang? Atau apakah anda salah satu dari mereka yang  takut (minta ampun) kalau naik panggung?

Ketrampilan untuk berbicara (public speaking) -secara jelas, berwibawa, persuasif, dan menginspirasi- di depan 10 orang, 100, bahkan ribuan orang, merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh setiap orang yang ingin sukses.

Beberapa survei membuktikan bahwa orang yang menyampaikan ide secara efektif adalah orang-orang yang punya rasa percaya diri yang tinggi, dan dengan demikian bisa menarik banyak orang.

Mereka yang pandai berbicara secara efektif juga berarti punya kemampuan menjual apa saja, bisa berupa produk, pemikiran, ideologi, cara pandang, dsb.

Dan mereka punya peluang untuk mengembangkan karir, mendapatkan klien besar, dan bisa saja dapat sponsor besar untuk sebuah bisnis tertentu.

2. Kemampuan Menulis

Idealnya, orang yang berbicara dengan sangat efektif seyogianya juga menulis dengan sangat efektif. Tapi dalam banyak kasus, ini tidak terjadi. Ada yang bisa pidato dengan sangat cemerlang, tapi tidak efektif dalam menulis.

Peluang bagi mereka yang punya ketrampilan menulis sama besarnya dengan peluang yang didapatkan oleh mereka yang pandai public speaking. Penulis hebat terbukti pandai menjual produk, ide, bahkan diri mereka sendiri daripada mereka yang kemampuan menulis sangat minim.

Belajar menulis dengan efektif tidak saja tentang penguasaan tata bahasa tapi juga kemampuan untuk mengorganisir pemikiran menjadi sebuah karya yang koheren dan bisa memikat pembaca dengan cara yang sangat efektif.

Ketrampilan menulis adalah kesenian menggabungkan kata-kata dan kalimat menjadi sebuah karya seni yang bisa membuat orang tergerak untuk berbuat sesuatu.

3. Kemampuan Mengendalikan Diri

Dalam banyak hal, kesuksesan itu ditentukan oleh seberapa pandainya anda mengendalikan diri sendiri.

Pengendalian diri bukan sekedar mengendalikan emosi, tapi kemampuan seseorang mengarahkan pikiran, perkataan dan perbuatannya pada suatu tujuan tertentu.

Jika kesuksesan itu ditentukan oleh tindakan yang efektif, maka tindakan yang efektif sangat tergantung pada kemampuan anda untuk fokus pada apa  yang menjadi tujuan utama anda.

4. Kemampuan Mengembangkan Jaringan

Pada era globalisasi seperti sekarang ini jaringan atau networking tidak semata menjadi arena untuk mendapatkan pekerjaan ataupun klien bisnis.

Di abad modern yang serba teknologi canggih, networking menjadi ajang menciptakan peluang emas atau medium di mana pemikiran baru, inovasi dan kreatifitas diciptakan dan dikembangkan.

Sebuah jaringan yang besar, yang dikembangkan secara baik (terpadu) tidak membatasi diri pada  semangat menyatukan orang perorangan, tapi ’sekumpulan hubungan’ dengan model interaksi yang bisa membangkitkan inovasi dan kreatifitas baru, dan memberikan dukungan penuh pada pertumbuhan dan perkembangan ide-ide baru sampai pada pencapaiannya.

5. Kemampuan Berpikir Kritis

Tak bisa disangkal, setiap hari kita berhadapan dengan ratusan bahkan ribuan informasi.

Oleh karena itu sangat diperlukan untuk berpikir kritis (critical thinking) dalam mengevaluasi, menganalisa dan mengaitkan informasi yang satu dengan yang lainnya.

Sebuah informasi tidak berdiri sendiri, tetapi memiliki keterkaitan dengan informasi lain.

Kemampuan berpikir secara kritis akan membuat anda berbeda dari ribuan orang di sekitar anda yang tidak memiliki kemampuan mengevaluasi, menganalisa dan menghubungkan informasi yang satu dengan yang lainnya.

6. Kemampuan Membuat Keputusan

Tidak sembarang orang bisa mengambil keputusan yang tepat karena membuat keputusan (decision making) merupakan jembatan antara analisis dan tindakan.

Tapi analisa yang berlebihan atau menunggu lebih banyak informasi lagi sebelum mengambil keputusan sama bahayanya dengan tidak berpikir kritis.

Kemampuan menanggapi sebuah permasalah secara efektif dan kecepatan membuat keputusan yang tepat adalah ciri khas orang yang bertindak cepat, dan yang membedakan mereka dari orang yang pasrah saja pada situasi.

7. Kemampuan Menganalisa Data

Ini tidak sama dengan menguasai semua teori matematika. Yang saya maksud adalah kemampuan seseorang untuk bisa membuat kalkulasi secara tepat.

Hidup ini tidak terlepas dari data-data. Kemampuan seseorang untuk menganalisa data sangat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan efektif.

8. Kemampuan Meningkatkan Pengetahuan

Penelitian tidak identik dengan upaya ‘harus tahu semuanya.’ Tentu saja tidak semua orang bisa mengetahui banyak hal, bahkan di bidang yang anda anggap ‘ini bidang saya’.

Anda tidak harus mengetahui segala sesuatu, tapi anda diharapkan agar selalu berusaha mencari tahu apa yang perlu anda tahu. Itu artinya jangan pernah berhenti belajar, baik itu lewat internet, perpustakaan, televise, surat kabar, audio, dan sebagainya.

Intinya, anda harus terus mengembangkan pengetahuan anda.

9. Kemampuan Mengelola Stres

Bagi kebanyakan orang, stress menjadi sesuatu yang menyengsarakan. Stress bisa menyebabkan anda mengambil keputusan yang tidak tepat, tidak berpikir kritis, dan menyebabkan anda mengunci diri dari pergaulan.

Begitu banyaknya hal yang dihadapi dalam hidup membutuhkan kepribadian yang tanggung secara emosional. Oleh karena itu, anda perlu relaksasi karena tanpa relaksasi setidaknya tiga dari sepuluh skills ini akan hancur.

Bekerja terus menerus tanpa meluangkan waktu untuk relaksasi dan menikmati hasil kerja anda, bukan lagi sebuah kesuksesan tapi suatu obsesi.

Kemampuan anda menghadapi krisis dengan cara yang efektif dan bahkan dengan cara yang lebih produktif merupakan tuntutan yang bisa mengantar anda pada tangga sukses berikutnya.

10. Kemampuan Berhitung

Hampir pasti semua orang di dunia ini membutuhkan duit. Bahkan kebahagian yang sangat mendasar apabila mempunyai duit. Siapa yang tidak bahagia kalau punya duit? Bahkan sangat sedikit yang bisa dilakukan kalau tidak punya uang.

Kenapa berhitung (menghitung uang) dimasukkan dalam kategori salah satu ketrampilan yang harus anda miliki, karena kalau anda tidak bisa melacak atau menghitung jumlah pemasukan dan pengeluaran, kemungkinan besar anda akan menjadi orang yang paling miskin.

Kemampuan berhitung juga sangat penting dalam mengkalkulasi berapa waktu yang anda habiskan untuk sebuah proyek. Bisa juga diterapkan dalam menghitung apakah nilai sebuah proyek yang anda lakukan sebanding atau bahkan melampaui pengorbanan uang, waktu dan usaha anda.

sumber:goooo.blogdetik.com

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: