//
you're reading...
Renungan, Tips Internet

Tips Aman Menggunakan Layanan Social Media [Facebook]

Seperti kita ketahui, hampir semua social media (media social) termasuk facebook sangat rawan dalam hal keamanan. Secara sederhana, hal ini dapat digambarkan sebagai media yang digunakan secara umum dan bebas bahkan tanpa batasan yang jelas. Seorang pengguna social media (media sosial) akan dengan senang hati dan penuh keikhlasan mencurahkan apa yang menjadi isi hatinya. Bahkan secara umum apa yang ditulis mungkin adalah hal yang bersifat pribadi atau bahkan sangat pribadi.

Apa yang pernah ditulis di sosial media, dalam hal ini saya akan lebih membicarakan facebook yang penuh dengan aroma tidak sedap, akan disimpan dalam database sosial media tersebut. Seperti dalam facebook, Anda para pengguna Facebook pasti tidak asing lagi kan dengan tombol “like” atau aplikasi “Family” “Group” dan juga “Fanpage”..?. Nah masing2 dari semua aplikasi di atas, akan menyimpan data dengan detil dan teliti.

Tombol “like” misalnya, apa yang pernah Anda “like” (anda meng klik tombol “like”) baik itu di posting friend, fanpage, posting group dan lain sebagainya, akan terekam dan dijadikanlah akun facebook Anda terkoneksi dengan situs tertentu sesuai data yang pernah Anda “like”. Sudah baca tentang Facebook Instant Personalization? …dan bagaimana cara men disable nya?

Sebagai contoh lagi aplikasi “Family possibility”. Aplikasi ini akan meminta pengguna untuk mengkoneksikan kemungkinan “berkeluarga” dalam jaringan facebook. Bahkan secara nyata, aplikasi ini berhasil dengan gemilang mengumpulkan informasi “silsilah” keluarga dengan cukup detil dan nyata. Silsilah nyata ini banyak kita temui, perhatikan salah satu “friend” Anda di facebook. Pasti ada salah satu atau beberapa yang terdapat informasi yang terkoneksi secara detil dan lengkap Si A friend of Si F, atau merried with ‘Markonah’, family of “sapa atau apa”.. dan seterusnya. Ironisnya itu kebanyakan adalah informasi NYATA Anda meskipun itu di Dunia Maya.

Semua data informasi diatas adalah Anda sendiri yang memberikan kepada facebook dengan iklas pada saat facebook memintanya. Mungkin sebagian pengguna yang tidak peduli dengan hal ini karena mereka tidak tahu betapa penting dan privatnya sebuah informasi pribadi. Informasi2 itu akan digunakan facebook dalam menciptakan aplikasi2 lain dalam pengembangan dan keuntungan pihak facebook secara sepihak, atau lebih parah lagi jika digunakan oleh pihak tertentu. Pernah baca juga tentang Facebook Opengraph API? …Apakah sudah Anda lakukan setting privasi (Privacy setting) di akun facebook dan sosial media lain..?

Dari sedikit paparan di atas, maka tips aman menggunakan Facebook berikut ini semoga dapat berguna.

1. Pahami secara detil aplikasi aplikasi yang ditawarkan facebook (dan sosial media lain twitter, MySpace, Frienster dst). Hati hati dalam melakukan “pemberian ijin” pada setiap aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi ini akan meminta ijin Anda terlebih dulu sebelum terintegrasi dengan akun Anda. Nah parahnya, kebanyakan pengguna tidak membaca dulu penjelasan dan langsung klik OK atau YES.
2. Gunakan aplikasi facebook seperlunya. Artinya persis seperti point 1 dan pastikan aplikasi yang ditawarkan nyaman untuk Anda. Misal jika Anda menggunakan facebook untuk keperluan berteman, Anda boleh menggunakan nama asli dan mungkin foto asli. Tetapi apa penting Anda disana mencantumkan siapa bapak Anda, Ibu Anda, Anak Anda, tanggal lahir Anda, hoby Anda dan seterusnya..? Anda sendiri yang menjawabnya. Semua informasi tersebut tidak akan banyak berguna bagi kita para user, tetapi sebaliknya hanya berguna untuk pihak facebook dalam mengembangkan jaringannya dan menggunakannya untuk keperluan dan keuntungan facebook sendiri.
3. Sering seringlah menuju ke “Setting Privasi” untuk memastikan privasi Anda. INGAT! facebook sengaja meletakkan menu “Privacy Setting” jauh di dalam menu yang lain dan tidak mudah terlihat. Mungkin disengaja dengan tujuan untuk menghindari penolakan user pada aplikasi aplikasi yang ditawarkan facebook.
4. Sesering mungkin luangkan 5 sampai 10 menit waktu Anda untuk mengubah password Anda (kalo bisa semua password). Ini untuk menghindari hack pada akun sosial media Anda. Lakukan secara berkala. Kebanyakan akun yang jebol adalah melalui portal utama “password”. Sudah baca Cara Kerja Hacker menjebol password melalui Virus?..
5. Tips terahir dari saya mungkin KHUSUS UNTUK CEWEK apalagi kalo SINGLE pengguna facebook. Belum lama ini saya dengar cerita dari kawan sendiri, yang menceritakan temennya yang suka berfacebook ria akan menikah dengan seseorang dari Belanda yang ia kenal melalui facebook selama ini. Dia begitu yakin tentang hal ini entah apa alasannya. Apa ia telah dibutakan oleh facebook, atau dia nggak sadar saat ngomong itu.. entahlah. Saya bertanya tanya, apa selebay itu dia menggunakan facebook?. Mungkin benar informasi dan foto dan orang2 nyata dengan alamat dan no telpon nyata dan bukti kenyataan lainnya, TAPI senyata nyatanya kan tetep aja di DUNIA MAYA!. Percayalah kawan kawan CEWEK. Lebih banyak ORANG JAHAT di muka BUMI ini, apalagi di INTERNET. Apa ini paranoid? saya kira bukan. Ini adalah bentuk nyata yang harus ditanamkan demi keamanan kita dalam DUNIA MAYA yang bisa saja berakibat di DUNIA NYATA. Ingat kasus pembunuhan, pemerkosaan yang berawal dari facebook? Apa itu tidak cukup alasan kenapa kita harus “PARANOID” dengan dunia MAYA..?..

Anda mempunyai tips cara aman menggunakan facebook dan social media lainnya?. Silahkan bagi tips Anda agar saudara-saudara kita di Indonesia pada khususnya lebih mengerti tentang pentingnya sebuah data pribadi dan tidak sembarangan memberikannya kepada teman2 di sosial media, serta menyadarkan orang2 yang MABUK KEPAYANG dan dibutakan oleh Facebook dan social media lain. Asyik memang bersocial media. Tapi ada harga yang sangat mahal harus dibayar jika ANda tidak pandai dan hati hati menggunakannya. Terimakasih..

sumber:
furqonblumah.blogspot.com/2010/05/tips-aman-menggunakan-layanan-social.html

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: