//
you're reading...
Uncategorized

suami yang baik

Pernikahan adalah hal yang melengkapi hidup. Untuk menjalankan sebuah pernikahan haruslah dengan bekerja sama dan adanya kekompakan antara suami dan istri. Sebagai seorang imam dan kepala keluarga, suami haruslah mampu menjadi pemimpin dan contoh yang baik buat istri dan anak-anaknya.

Terkadang, sifat suami semasa berpacaran menunjukkan hal positif kepada kekasihnya. Tetapi disaat telah membangun rumah tangga, sifat suami menjadi berubah tidak seperti saat berpacaran dulu. Untuk mengetahui apakah suami itu baik atau tidak, disini ada beberapa ciri yang dapat dijadikan sebagai penilaian/patokan.

* Setia mendengar

Ketika seorang isteri menceritakan permasalahannya dan tidak dapat mencari jalan keluar , maka dia akan mencari seseorang yang mau mendengarkan dan merasa empati terhadap apa yang telah terjadi pada dirinya. Sebagai seorang suami yang baik, dia akan selalu mendengarkan semua keluh kesah isterinya dan memberikan masukan yang baik pula untuk keluar dari masalah yang ada.

* Menghargai

Saling menghargai merupakan sebuah kunci kerukunan dalam bekeluarga. Tak seorang pun yang tidak ingin dihargai, begitu juga dengan isteri. Seorang suami yang selalu menghargai isterinya adalah ciri seorang suami yang baik dan akan selalu dirindukan oleh isteri.

* Tidak suka menyalahkan

Manusia adalah makhluk yang tak luput dari kesalahan. Begitu juga dengan seorang isteri, suami yang cerdas, baik dan bijak akan menegur isterinya dengan lembut dan tidak kasar. Seorang suami tidak akan menyalahkan isteri sepenuhnya meskipun sang isteri yang melakukan kesalahan. Suami harus memberikan nasehat yang baik agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

* Dapat menerima pendapat isteri

Suami yang baik tidak akan pernah beranggapan bahwa isteri harus menjalankan semua perintahnya tanpa pernah membantahnya. Karena hal tersebut akan menunjukkan sikap otoriter suami terhadap isteri. Sebagai kepal keluarga yang benar, suami akan selalu mendengarkan pendapat isterinya dan memutuskan sebuah keputusan secara bersama-sama.

* Sayang diri sendiri dan keluarga

Dengan menyayangi diri sendiri dan keluarga, sudah tentu akan menunjukkan bahwa suami tersebut adalah suami yang baik.

* Romantis

Perhatian, kasih sayang dan keromantisan yang ditunjukkan saat berpacaran terkadang berbanding terbalik saat setelah berumah tangga. Ada beberapa suami yang berubah drastis setelah dia menikahi isterinya dan ada pula yang tidak berubah sama sekali. Malahan setelah menikah, perhatian, kasih sayang dan romantis yang dia tunjukkan jauh lebih luar biasa dari saat berpacaran. Sifat dan sikap seperti inilah yang menunjukkan bahwa dia adalah suami yang baik.

* Pulang dengan senyuman

Kepenatan, rasa lelah dan emosi yang terjadi dikantor/tempat kerja terkadang terbawa-bawa hingga sampai dirumah. Suami yang baik adalah suami yang dapat mengkondisikan situasi kerja dengan situasi saat dirumah.

Dia tidak akan pernah membawa-bawa setiap permasalahan yang ada dikantor ke rumah. Jadi, setiap suami sampai dirumah hanya senyuman yang dihadirkannya. Jika suami ingin merasa beban pikirannya sedikit berkurang, maka suami dapat menceritakan dan berbagi dengan isteri tanpa adanya emosi.

* Membantu urusan rumah tangga

Suami yang baik tidak akan pernah melepaskan semua tanggung jawab urusan rumah tangga kepada isteri. Ada waktunya sesekali suami membantu dan mengerjakan pekerjaan rumah.

* Menambah ilmu rumah tangga

Sebuah keluarga yang berpondasikan ilmu dan agama yang benar maka keluarga tersebut merupakan keluarga yang sakinah dan teladan. Seorang suami akan selalu memberikan ilmu kepada anak dan isteri sehingga keluarganya tidak tersesat kejalan yang tidak benar.

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: