//
you're reading...
Uncategorized

10 Hal Penting Dalam Mengelola Website

Punya bisnis (sekelas UKM sekalipun) tetapi tak memiliki website, sepertinya sekarang sudah terasa kuno. Namun banyak perusahaan yang website-nya hanya perpanjangan display pemasaran saja yang tidak dikelola dengan baik. Bahkan untuk menghubungi ke mana harus membeli barang yang ditawarkan pun sulit karena informasi nomor telepon tak dicantumkan di website.
Nah, ada 10 hal penting yang harus diikuti jika mengelola bisnis agar efektif fungsinya.
1.Website harus menggambarkan dengan jelas siapa kita. Pengunjung yang datang ke website kita sebaiknya jangan biarkan ia mencari-cari siapa sebenarnya kita atau apa yang kita tawarkan. Untuk memudahkannya, menurut John Zhuang, dari Winning Interactive, perusahaan desain web, sebaiknya di halaman pertama sudah tampak nama kita dan produk apa yang ditawarkan. “Pengunjung harus bisa menarik kesimpulan dalam 2-3 detik dan setelah itu ia akan terdorong untuk mengekplorasi apa saja yang ada di website tersebut,” katanya.
2. Simpel. Gunakan nama domain yang mudah diingat dan simpel. Sebaiknya hindari nama domain yang menggunakan garis penghubung (misalnya, bisnis-ku.com) atau angka karena itu bisa memusingkan SEO.
3. Desain website sederhana dan mudah navigasinya.Intinya, pengunjung dibuat mudah menemukan apa yang dicarinya.
4. Mudah menemukan contact information. Jika kita tak mau kehilangan konsumen yang sudah tertarik pada produk yang kita tawarkan di website, sebaiknya cantumkan nomor kontak telepon atau email yang bisa dihubungi. Kalau perlu buat juga form isian untuk menghubungi kita. Jangan biarkan pengunjung mencari-cari.Bahkan majalah Forbes menyarankan cantumkan juga alamat dan peta Google map.
5. Testimoni. Sertakan juga testimoni konsumen. Pengakuan yang jujur (testimoni) dari para pengguna produk atau jasa kita akan membantu calon konsumen kita segera percaya pada apa yang ditawarkan. “Orang suka mendengan cerita langsung dari pengguna sebenarnya,” ujar Zhuang.
6. Perjelas apa yang diharapkan dari pengunjung. Jika mengharapkan pengunjung menerima pesan diskon kita, sebaiknya tunjukkan pesan itu dengan jelas. Misalnya, kata “diskon” dibuat lebih tebal dan jelas sehingga mudah terlihat. Atau buat link khusus ke arah keterangan selanjutnya yang mudah ditemukan.
7. Pahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). SEO ini akan memudahkan website atau informasi di website kita ditemukan mesin pencari (seperti Google, Yahoo, dan sebagainya). Tak perlu membuat kata kunci yang sulit dan tak berhubungan dengan bisnis kita. Buatlah keyword yang relevan yang terdapat dalam keterangan, link, atau judul halaman itu.
8. Konten segar dan berkualitas. Untuk sebagian besar bisnis, website adalah kesan pertama yang akan diterima konsumen. Karena itu berilah kesan terbaik bagi pengunjung. Berikan kontennya original, ditulis dengan baik dan bernilai bagi pengunjung. Jangan lupakan update. Konten yang segar akan menjadi kunci sukses SEO-nya juga.
9. Website aman. Gunakan platform yang membuat website kita aman dari pembajakan. Ini akan membuat pengunjung nyaman saat mengeksplorasi konten kita. Selain itu, dengan platform yang tak mudah diobrak-abrik hacker, itu akan memudahkan kita mengelolanya.
10. Desain website familiar. Umumnya pengunjung akan membuka satu halaman dulu sebagai tes dengan mengulurnya hingga habis. Jika merasa nyaman baru akan membaca isi halaman tersebut. Oleh karena itu buat halaman web’ tak memusingkan pengunjung. Hal yang penting diperhatikan adalah:
-Buat paragraf-paragraf pendek dan bila perlu dengan menggunakan subjudul.
-Gunakan poin-poin (bullet point) untuk memerinci bahasan yang akan memudahkan pembaca memahaminya.
-Highlight informasi penting seperti dengan huruf tebal atau warna tertentu.

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: