//
you're reading...
Uncategorized

Istiqomah di jalan yang lurus (sirotol mustakim)

Istiqomah 

Allah mencintai orang-orang yang selalu berjalan menuntut ilmu. Kalau Allah sudah mencintai kita dan membukakan pintu syurga maka kalau kita mati insyaAllah kita mati syahid, karena berjuang di jalan Allah..amien.

“Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (TQS Huud [11]: 112)

Istiqomah hukumnya wajib. Istiqomah adalah sikap hidup seorang muslim dalam menjalani seluruh aspek kehidupannya selalu berada di jalan yang diridhoi Allah.

Abu Amru sufyan asyauri, pernah bertanya kepada Rasulullah. Beri nasehat kepadaku yang bias memandu hidupku, kemudian Rasulullah menjawab “Tetaplah pada jalan Allah dan tetap berada pada jalan itu (kulamantu billah wastaqimu)” (HR Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan dalam kitabnya: “Perbaharuilah imanmu dengan penuh kesadaran dengan bentuk ucapan didertai pengertian dan tanggung jawab atas pengakuan ucapan tersebut. Yaitu dengan menjalankan syari’at Islam dalam segenap aspek kehidupan.”

Imam al Qurtubi menafsirkan istiqomah adalah berada terus pada jalan yang lurus tanpa menoleh ke kanan dan kiri, dia selalu berada di jalan yang di ridhoi Allah. Jadi kita harus istiqomah dalah segenap aspek kehidupan.

Habluminallah: kita berusaha untuk selalu tidak menyekutukan Allah. Tidak syiri’

Habluminnafsi: menjaga makanan yang halal, menutup aurot, berakhlaq sesuai dengan perintah Allah.

Habluminnas: Selalu memegang teguh aturan Allah dan menjadikan standart ketika bermuamalah dengan orang lain.

Keuntungan unk orang istiqomah:

* Allah akan memberikan pertolongan dan perlindungan.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu” Kamilah Pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari (Rabb) Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (TQS Al-Fhushilat [41]: 30-32)

* Mendapat barokah terhadap rizki-rizkinya. jika kamu berada dalam Jalan yang lurus, maka kami akan berikan rizki yang berlimpah. (TQS AL 72 :16)

* Tidak akan merasa sedih dan khawatir.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.. Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.” (TQS Al-Ahqaaf [46]: 13, 16)

Jadi selalu Istiqomah tidak partial tapi dalam seluruh aspek kehidupan manusia.

muslimahactivity.wordpress.com/2009/08/15/istiqomah/

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: