//
you're reading...
Uncategorized

Pentingnya Waktu “Sekarang”


Jika kita berada di waktu pagi, maka janganlah menunggu waktu sore tiba. Sebab sekaranglah (pada saat itulah) kehidupan yang harus kita jalani, bukan hari kemarin yang telah lewat denganberbagai kebaikan dan kejelekannya, dan juga bukan hari esok yang belum datang dan belum diketahui keadaannya seperti apa.

Jadi, hari dan umur kita adalah saat sekarang ini di mana pada saat ini matahari menaungi kita, bukan kemarin dan bukan besok. Karena itu jadikanlah kehidupan kita pada saat ini sebagai kehidupan. Dengan begitu kehidupan kita tidak akan terpengaruh oleh bisikan kegundahan, kesedihan dan kesusahan masa lalu. Ia juga tidak akan terpengaruh oleh ramalan masa yang akan datang dengan berbagai hantu dan kemajuan yang menghawatirkan itu. Jadi, mantapkan diri kita, fokuskan perhatian kita, gunakan ketekunan kita, manfaatkan kreatifitas dan keuletan kita untuk kehidupan pada hari ini, bukan untuk hari kemarin dan besok.

Untuk hari ini kita harus bisa membagi waktu kita. Hari ini kita harus bisa menanamkan kebaikan, memberikan nasehat yang baik, meminta ampun atas segala dosa yang dilakukan, selalu mengingat Allah dan mempersiapkan diri untuk pergi setiap saat. Jalani kehidupan kita dengan penuh kebahagiaan, kesenangan, ketenangan dan ketentraman. Hari ini jadikan kita rela atas rizki, istri dan suami, anak-anak, pekerjaan, ilmu, rumah, dan kemampuan yang dikaruniakan Allah kepada kita.

“Sebab itu berpegang teguhlah kepada apa yang Aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’rof: 144)

Hiduplah pada hari ini tanpa kesedihan, tanpa kecemasan, tanpa kemarahan, tanpa kedengkian dan tanpa perasaan dendam.

Jika hari ini kita dapat minum air tawar murni yang menyegarkan, lalu kenapa kita harus sedih atas air yang sangat asin yang kita minum kemarin, katau kenapa kita harus sedih atas air panas yang akan kita minum besok pagi?

Mari kita gunakan setiap detik waktu yang ada pada hari ini untuk membangun kehidupan kita. Mengembangkan bakat dan kemampuan kita, serta membersihkan perbuatan kita dari hal-hal yang jelek.

Katakan “Saya akan memperbaiki setiap ucapanku dari hal-hal yang tercela. Saya tidak akan mengeluarkan kata-kata yang menghina, mengumpat, menggunjing orang ataupun kata-kata yang keji.

Saya juga akan membereskan rumah dan kantor menjadi teratur dan rapi sehingga tidak terlihat ruwet dan berantakan tidak karuan.

Saya akan memperhatikan kebersihan tubuh, memperbaiki penampilan, memperhatikan keanggunan, menyelaraskan setiap cara berjalan, bicara dan gerakan, dengan keadaan yang ada di sekeliling saya.

Saya akan menanamkan berbagai macam keutamaan dalam hati. Saya akan mencabut sifat jelek sampai ke akar-akarnya seperti sifat sombong, mementingkan diri sendiri, ujub, riya’, dengki, khianat dan sifat buruk sangka.

Saya akan menjadikan diri saya supaya bermanfaat bagi orang lain, memberi nasihat yang baik kepada orang lain. Saya akan menengok orang sakit, mengantar jenazah, memberi petunjuk pada orang yang bingung (tersesat), memberi makan orang yang lapar, dan melapangkan kesulitan orang lain.

Saya juga akan berpihak kepada orang yang terdzalimi, mengasihi orang yang lemah, memuliakan orang alim, menyayangi anak kecil, danmenghormati orang yang lebih besar.”

Biarlah yang telah terjadi berlalu dan pergi bagaikan matahari yang terbenam di ufuk barat. Tidak perlu menangisi masa lalu. Karena masa lalu pun tidak akan memperhatikan diri kita ketika kita mengingatnya walau hanya sesaat. Sebab masa lalu telah meninggalkan kita, dan tidak akan kembali lagi untuk selama-lamanya.

“Pegunakanlah hari (waktu) Anda sebaik mungkin” adalah kalimat yang paling indah yang terdapat dalam kamus kebahagiaan, bagi orang-orang yang ingin hidup dalam damai, indah dan bahagia.

 

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: