//
you're reading...
Uncategorized

Hakikat Memaafkan,,,

Marah itu mudah. Terpancing untuk marah dan mengomel atau membuat isyarat kasar dan mengumpat memang mudah. Namun bersikap pemaaf tidaklah mudah. Dan saya tidak membicarakan tentang memberikan pipi yang lain atau hal – hal semacam itu. Saya sedang membicarakan tentang  melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Dan menjadi pemaaf.
Ada kisah dalam buku The Rules Of Life semoga bisa memberikan pencerahan,
Memaafkan tidak berarti kita harus terombang – ambing atau menerima hal-hal yang tak masuk akal. Kita dapat tetap mempertahankan martabat kita dan mengatakan, “Maaf, saya tidak perlu itu”, namun kita juga dapat berusaha memaafkan karena kita dapat melihat dari sudut pandang mereka.
mungkin kata ‘toleran’ lebih tepat daripada kata ‘pemaaf’. Namun yang mana pun anda  pilih, jangan pernah menyalahartikan kata tersebut dengan ‘ketidakberdayaan’. Kita masih dapat mengatakan, “Buang kata-kata kotor itu dan sepeda jelekmu,” sambil tetap merasa kasihan pada si idiot. Dia adalah orang baik yang melakukan hal yang buruk.
Ingat saja bahwa semua orang yang berhubungan dengan Anda yang berperilaku buruk mungkin mengalami hal – hal yang buruk sebelum bertemu Anda.

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: