//
you're reading...
Ragam

Trik Menghadapi 7 Macam Interview

haloo,,,
masih lanjut nih pengen nulis-nulis ceritanya…
(mudah-mudahan gak kaya “Obor Blarak” yah?)
sip…
amin

kali ini mau berbagi informasi tentang menghadapi bermacam-macam Interview yang mungkin teman pernah jumpai atau akan jumpai nanti..
huft…
setidaknya ada 7 macam bentuk interview yang dilakukan perusahaan untuk menjari pegawai baru loh, namun, walau bentuknya beragam, sebenarnya sih interview dilakukan untuk memberi penilaian calon karyawan dimata perusahaan.
dan rata-rata sebuah perusahaan nggak melakukan satu jenis interview saja. teman akan melewati beberapa macam interview dan bila teman salah sedikit saja, peluang bergabungke perusahaan tersebut bisa kandas ditengah jalan….Jangan sampai!!!!
berikut ada beberapa jenis interview dan trik menghadapinya (mudah-mudahan bermanfaat)

> Wawancara Lewat Telepon
saat ini teknologi komunikasi merupakan teknologi yang sangat vital. karenany, banyak perusahaan menggunakan fasilitas ini untuk menginterview calon karyawan mereka loh teman. walau tidak tatap muka, hati-hati saja teman jangan sampai terjebak.
syarat utamanya mudah kok, bila teman menerima telepon dengan nomor asing jawab sesopan mungkin. karena kesan pertama pada penerimaan telepon adalah nilai plus loh (amin)hehehe trus jawab sesingkat dan sepadat mungkin, jangan menjawab berbelit-belit dan tergesa-gesa teman, buatlah situasinya nyaman dan jawab dengan tegas tapi tetap sopan.

< Wawancara Tatap Muka
wawancara tatap muka, biasanya adalah kelanjutan dari wawancara via telepon,,,dalam wawancara ini teman dapat di interview dengan satu atau beberapa orang (bisa jadi loh),,teman akan melalui serangkaian wawancara…tapi ingat dan perlu diperhatikan adalah kerapihan dan kebersihan diri, etika dan kesopanan. serta kesiapan teman.
point pentingnya adalah ketika masuk ruangan ucapkan salam, jabat tangan penginterview dan jangan duduk terlebih dahulu sebelum dia menyuruh kita duduk…(jelas dong, kan bukan rumah kita)
jadi gak bisa slonong boy

>Wawancara Perilaku
Agak asing sih kedengarannya, tapi wawancara ini berdasarkan teori kinerja seseorang dimasa lalu…karena hal tersebut merupakan indikator terbaik untuk kinerja di masa yang akan datang, biasanya teman akan mengadapi beberapa pertanyaan menjebak (kayak diintrogasi polisi sebagai pelaku loh) hahaha becanda…
kenapa begitu?
karena interviewer mencari bukti kompetensi dan fungsi terpenting dalam posisi melamar. persiapkan diri, sehingga menunjukkan benar-benar berkompetensi.

< Wawancara Situasional
Wawancara jenis ini menanyakan apakah yang teman akan lakukan seandainya terjebak dalam dalam situasi tertentu. interview akan mencari tahu seberapakah besar kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapi.
biasanya, mereka meminta mendemonstrasikan atau menjelaskan solusi apa yang ditawarkan untuk mengadapi sikon tersebut.

< Wawancara Tekanan (Stress)
wawancara ini sengaja dirancang agar perusahaan dapat melihat kemampuan teman-teman mengadapi tekanan. dalam interview ini akan terlihat reaksi spontanitas bila mengalami stress dalam pekerjaan…tapi jangan takut teman,
usahakan bersikap wajar dan tenang, dan jangan mengambil hati atas perkataan interview yang sengaja menjatuhkan teman.

> Wawancara Terpadu
Ketika melakukan interview ini, beberapa kandidat dikumpulkan. biasanya teman akan disuruh memperkenalkan diri dan perusahaan akan memberikan sebuah pertanyaan yang dapat dijawab sendiri-sendiri. tetap optimis dan percaya diri saja. karena yang perusahaan cari adalah jiwa pemimpin atau sikap menonjol dari seluruh calon karyawan yang di interview.

< Wawancara Interview
dalam wawancara ini teman akan diajak ikut makan siang atau malam, maksudnya bukan karena hal negatif, tapi perusahaan ingin melihat sikap anda bersosialisasi, jangan terlalu santai dan jangan terlalu serius. bersikaplah wajar sama halnya ketika berbicara dengan orang tua anda. perhatikan dengan seksama etika di meja makan. dan jangan terlalu melantur bercerita,
perlu diingat teman, biasanya interviewer menjadikan situasi anda sebagaimana perangkap.
karena dengan demikian perusahaan akan mengetahui kelemahan anda dengan mudah.
jaga bahasa dan etika dalam berbicaranya yah…

Selamat di interview dan sukses yah teman!!!

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: