//
you're reading...
Uncategorized

Berkat Doa Seekor Semut di Zaman Nabi Sulaiman

Kebaikan Allah itu berlaku di dunia: di dunia manusia, di dunia binatang, di darat, dan di laut, pada siang dan malam, pada yang bergerak dan yang diam.

“Dan, tak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak memahami tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun”             (QS. Al-Isra: 44)

Dalam teks Al Quran disebutkan bahwa Nabi Sulaiman diberi kemampuan memahami bahasa binatang. Ketika suatu hari dia keluar bersama para pengawalnya untuk berdoa pada Allah agar diturunkan hujan. Ditengah perjalanannya menuju tempat shalat, dia melihat seekor semut mengangkat kedua kakinya sedang berdoa kepada Rabb Yang Maha Kuasa, kepada Rabb yang selalu memberi, yang memberi karunia, yang memiliki kelembutan dan memberi pertolongan. Nabi Sulaiman pun berkata,”Wahai umat manusia sekalian, kembalilah kalian, telah cukup bagi kalian doa yang dilakukan oleh makhluk lain selain kalian.”

Mulailah hujan turun berkat doa semut tadi, semut yang bahasanya bisa dipahami oleh Nabi Sulaiman, saat dia berangkat dengan pasukannya yang besar itu. Semut itu pulalah yang kemudian memperingatkan saudara-saudaranya agar masuk ke dalam lubang saat pasukan Sulaiman akan lewat.

Berkatalah seekor semut: “Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oelh Sulaiman dan tentaranya, sedang mereka tidak menyadari.” Maka Sulaiman tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. (QS. An-Naml:18-19)

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: