//
you're reading...
Uncategorized

musafir

 

WATAK DAN KEPRIBADIAN

Manusia hidsup di dunia ini laksana musafir yang berjalan kaki menuju suatu tempat. Jalan itu panjang ,tidak seluruhnya datar, tetapi ada tanjakan-tanjakan, penurunan-penurunan, tikungan-tikungan dan lain-lain. Bebrapa bagian dari jalan itu masih terdiri dari semak-semak yang penuh dengan duri, bahkan didalamnya mungkin  ada binatang-binatang kecil yang berbisa, seumpama ular, kala jengking, dan lain-lain. Pada bagian-bagian yang lainnya ada pula yang ditaburi oleh batu-batu kerikil yang tajam.

 

Dalam menempuh dan melalui jalan yang demikian, akan berjumpa dengan kesukaran-kesukaran dan bahaya.

Musafir yang mempunyai nafas panjang, akan berjuang untuk mengatasi anekaragam kesulitan-kesulitan itu. Nafas yang panjang memberikqan kepadanya daya yuang dan daya tahan, semangat, kemauan, kesabaran, keuletan dan lain-lain. Yang dinamakan fighting spirit, semangat bertempur. Ia akan sampai ketempat yang ditujunya, laksana seorang pahlawan perang yang keluar sebagai pemenang dari medan pertempuran.
Adapun musafir yang mempunyai nafas pendek, tidak mampu meneruskan perjalanan. Otot-ototnya kaku, kakinya pegal-pegal dan tegang, semangatnya patah. Ia terpaksa berhenti ditengah jalan. Beruntung ia masih bisa berjalan pelan-pelan untuk mundur kebelakang. Kalau tidak, ia akan terlantar ditempat yang sunyi sepi itu, terancam oleh serangan alam atau binatang buas yang mungkin datang menerkam.
Keadaan manusia dalam menghadapi perjuangan hidup ini tak ubahnya seperti musafir yang dilukiskan itu. Hidup ini adalah perjuangan yang terus-menerus, tidak mengenal perhentian dan tempat istirahat. Kesukaran-kesukaran datang silih berganti, kesulitan-kesulitan datang bertubi-tubi tanpa memberi tahu terlebih dahulu.

Untuk mengatasi semua itu diperlukan nafas panjang. Yang dimaksud nafas panjang disini adalah watak dan keperibadian, yang dapat membentuk tiap-tiap orang menjadi manusia yang bergerak terus  bergumul ditengah-tengah arus kehidupan, menjadi manusia yang dinamis ..

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: