//
you're reading...
Uncategorized

Bekal Akhirat

Sahabat Rasulullah SAW yaitu Sayidina Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan,”Hidup ini adalah suatu bagian dari mata rantai perjalanan yang harus dilalui manusia, yaitu bermula dari alam roh lalu menuju alam janin, kemudian alam dunia, lalu masuk ke alam kubur dan terakhir menetap abadi di alam akhirat. Orang yang bijak, akan menabung bekal sebanyak-banyaknya agar diakhir perjalanan nanti ia dapat bersenang-senang. Ia mengerti benar bahwa tempat bersenang-senang itu bukan di perjalanan, tetapi nanti bila sampai di tempat  tujuan. Orang bijak tidak mau memanggul bekalnya sendirian, ia titipkan bekal-bekalnya kepada orang lain sehingga ia dapt menempuh perjalanan ini tanpa repot-repot diganduli oleh perbekalannya”.

Ketika para sahabat lain bertanya”, Wahai Ali,bagaimana cara menitipkan bekal kepada orang lain itu?”. Sayyidina Ali menjawab,”Ketahuilah, tidak ada hutang yang tidak dibayar.Bila seseorang menyakiti hatimu, maka ia harus membayarnya nanti dengan pahalanya. Begitu pula bila seseorang memfitnahmu, maka ia harus membayar mahal perbuatan jahatnya itu dengan pahalanya. Atau bila seseorang berhutang padamu dan ia tidak mau membayar hutangnya itu, kelak ia harus membayar dengan pahalanya.Kezaliman orang terhadapmu, pada hakikatnya adalah tambahan pahala bagimu. Begitulah caranya menitipkan bekal kita kepada orang lain”.

Jadi, tak usah risau dengan perbuatan zalim orang lain kepada diri kita,karena hal itu berarti ia membawakan bekal kita, yang kelak akan diserahkannya kepada kita diakhri perjalanan nanti.

 

Renungilah,….

Apakah bekal kita yang dibawakan orang lain ataukah kita yang membawa bekal orang lain…?

 

Disadur dari : sentuhan kalbu by Ir. permadi Alibasyah

 

 

About cahayarasul

ingin beriman dan taqwa

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: